Natasha Tracy
Tracy, N. (2022, January 10). Stages of Coming Out After Accepting Your Sexuality, HealthyPlace. Diperoleh pada 31 Agustus 2023 dari https://www.healthyplace.com/gender/coming-out/stages-of-coming-out-after-accepting-your-sexuality.

Pengakuan Diri sebagai Gay Langkah Pertama dalam Melela
Menerima seksualitasmu melibatkan lebih dari sekadar menyadari perasaan terhadap jenis kelamin yang sama dan umumnya, ada tahapan-tahapan dalam melela. Ini sering melibatkan periode penolakan, penolakan terhadap perasaan, kecemasan, konseling, dan mungkin bahkan komitmen agama yang diperbaharui untuk mengatasi perasaan-perasaan ini. Semoga periode penerimaan akan mengikuti perasaan-perasaan stres dan duka ini.

Proses menerima seksualitas seseorang, bagi beberapa orang, telah digambarkan sebagai proses naik-turun emosional. Proses ini ditandai dengan periode-periode puncak yang penuh percaya diri dan keinginan untuk mengungkapkan diri, diikuti oleh periode-periode lembah yang penuh kebingungan dan ketakutan. Kamu tidak sendirian dalam proses ini. Kamu sebaiknya berbicara dengan seseorang yang telah melewati tahapan-tahapan melela sebelumnya dan memahami perasaanmu.

Mengatakan kepada Orang Lain bahwa Kamu Gay
Sementara proses melela dan berbicara tentang orientasi seksual gay kepada orang lain adalah proses yang lambat, umumnya proses itu dimulai dengan teman dekat atau anggota keluarga. Penolakan oleh orang ini dapat menyebabkan reaksi balik terhadap tahap pengakuan diri dalam melela (tahap mengungkapkan diri di mana kamu menyadari bahwa kamu gay); namun, penerimaan oleh orang ini umumnya mengarah pada peningkatan harga diri dan percaya diri. Sangat berhati-hatilah tentang siapa yang kamu beri tahu pertama kali sehingga pengalaman ini menjadi positif.

Secara umum, ada dua jenis pengungkapan, pengungkapan “lembut” dan pengungkapan “terbuka”:

  • Metode “lembut” tidak segera memberikan informasi kecuali saat individu secara terang-terangan ditanya.
  • Pengungkapan “terbuka” melibatkan memberi tahu semua orang untuk tidak meninggalkan keraguan tentang masalah ini.

Saat tahap mengungkapkan diri ini berlanjut, individu mendapatkan gambaran umum tentang apa artinya beridentitas gay dan memilih untuk menerima atau menolak berbagai stereotip dan persepsi tentang gay.

Sosialisasi dengan Orang Lain yang Gay
Sosialisasi dengan orang lain yang gay penting saat menerima seksualitasmu karena memberikan rasa inklusi ke dunia baru, menghapus perasaan kesepian. Kepercayaan diri dan harga diri dibangun melalui penerimaan, validasi, dan dukungan. Kontak dengan peran model gay dan lesbian yang positif dapat sangat berpengaruh dan bermanfaat.

Identifikasi Diri yang Positif
Tahap melela ini hanya tentang mencari hubungan homoseksual positif lainnya dan menemukan tingkat kenyamanan dengan diri sendiri mengenai seksualitasmu.

Integrasi dan Penerimaan
Ini membutuhkan keterbukaan dan penerimaan terhadap seksualitasmu sendiri. Meskipun kamu mungkin dengan diam-diam terbuka mengenai homoseksualitasmu, kamu masih dapat dengan mudah membantu orang lain dengan perjuangan mereka. Pada umumnya, pada tahap melela ini, mereka yang mempunyai pasangan hidup bahagia dan mencari pasangan lain untuk bersosialisasi.

Keterbukaan sering kali terkait dengan usia. Sementara orang yang lebih tua mungkin kurang terbuka dan lebih teguh dalam pendiriannya, orang yang lebih muda lebih seringkali lebih terbuka, aktif secara politik, dan terlihat dalam komunitas gay.

Jika kamu ingin mendengar cerita melela lainnya. Kamu bisa kunjungi https://melela.org