GAYa Nusantara Rutin Berikan Layanan HIV/AIDS

TIN-Pendiri-GAYa-NusantaraT0Kep

TIMESINDONESIA, SURABAYA – Terus meningkatnya jumlah HIV/AIDS di kalangan muda, disadari betul oleh GAYa Nusantara, NGO yang fokus pada kelompok Lesbian, Gay, Biseksual dan Transgender (LGBT).

Pendiri GAYa Nusantara, Dede Oetomo mengatakan, pihaknya secara rutin memberikan layanan terkait HIV/AIDS mulai dari pencegahan, dukungan psikososial, rujukan pengobatan dan perawatan kepada gay dan LSL (laki-laki yang berhubungan dengan laki-laki).

Setiap 2 pekan sekali GAYa Nusantara juga menyediakan mobile clinic untuk tes HIV dan IMS setiap di hotspot Pataya. Mobile clinic ini bekerja sama dengan beberapa puskesmas dan rumah sakit secara bergiliran.

“Secara tidak langsung layanan kami juga dimanfaatkan oleh kawan-kawan gay dan LSL lain, termasuk waria, perempuan maupun laki-laki umum. Kami berjejaring dengan berbagai fasilitas kesehatan yang ada di Surabaya,” ujar Dede Oetomo, Selasa (1/12/2015).

Dede juga tidak memungkiri epidemi HIV/AIDS di kalangan gay dan LSL lain terus meningkat, terutama di kalangan yang muda. Mereka terinfeksi melalui hubungan seksual tanpa menggunakan alat pengaman.

Bagi yang sudah AIDS, biasanya mereka sudah dalam keadaan lumayan parah, sudah timbul infeksi oportunistiknya.

“Untuk Surabaya, sekitar 10 persen jumlahnya dari penderita secara keseluruhan. Ini angka kasar, berdasarkan yang terdiagnosis positif waktu tes di lapangan. Untuk statistik resminya, mesti cek di Dinkes Kota atau Kemenkes,” cetusnya.

Dede menjelaskan, mereka yang terdiagnosis dini, bisa diobati, sehingga tidak jadi AIDS.

Mereka yang terkena HIV/AIDS juga membentuk kelompok dukungan sebaya (KDS). Di dalam kelompok ini mereka saling mendukung dan mengingatkan untuk rajin berobat. (*)
Pewarta : Yovinus Guntur Wicaksono
Editor : Yatimul Ainun
Sumber : Surabaya Times (Times Indonesia Network)

(Dimuat ulang dari liputan TimesIndonesia.com)

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s