IDAHOT 2015 dengan GAYa NUSANTARA

Bulan Mei hampir berada di ujung bulan. Artinya perayaan IDAHOT pun sudah hampir selesai. Di tahun 2015 ini, GAYa NUSANTARA mengadakan 3 acara untuk merayakat IDAHOT tahun ini. Rangkaian acara yang dilakukan adalah:

1. Program GN – SBOTV dengan tema “Homophobia terhadap Remaja LGBTI”
Terdapat 3 narasumber untuk acara ini, yaitu: Edyth Revanatha (Aktivis waria dari GN), Wibi Radimas (remaja LGBTI), dan Astrid Wiratna, Psi (Psikolog).

Di dalam acara ini dibahas mengenai tema yang diambil, dimana ditekankan bahwa remaja LGBTI sekarang banyak mengalami efek dari homo/bi/trans-phobia. Keadaan ini pun menuntut mereka untuk mendapatkan lingkungan yang menghargai identitas mereka.

Wibi pun menceritakan pengalamannya terkait homophobia yang dialaminya. Kemudian disambung oleh Bu Astrid membahas tentang apa itu homo/ transphobia, apa yang menyebabkan hal itu terjadi dan dampaknya. Acara ini ditutup oleh Edyth yang menjelaskan mengenai apa itu IDAHOT dan GAYa NUSANTARA.

2. Kuliah umum “Pengantar Kajian Queer” oleh Hendri Julius di FIB UNAIR

Kuliah umum ini dihadiri oleh mahasiswa/i UNAIR dari berbagai jurusan dan dari luar UNAIR. Dalam kuliah umum ini Hendri membahas tentang perkembangan kajian queer secara runtut. Dimulai dari gerakan ilmu mengenai LGBTI terlebih dahulu. Kenapa diskriminasi terhadap LGBTI terjadi, efeknya, peran negara disini. Kemudian mengenai kajian queer dan kritiknya terhadap kajian ini yang masih terus berkembang.

Rekaman acara tersebut dapat diunduh disini dan disini

3. Bedah buku “Coming out” karya Hendri Yulius di c2o

Di bedah buku ini Hendri menceritakan bagaimana sulitnya mencari penerbit untuk bukunya ini. Pemilihan judul, dan hal menarik lainnya ketika menulis buku ini.
Hendri mengatakan bahwa perjuangan membawa isyu LGBTI ini pun harus terus ditingkatkan.

Credit: GAYa NUSANTARA

Tinggalkan Balasan

Isikan data di bawah atau klik salah satu ikon untuk log in:

Logo WordPress.com

You are commenting using your WordPress.com account. Logout / Ubah )

Gambar Twitter

You are commenting using your Twitter account. Logout / Ubah )

Foto Facebook

You are commenting using your Facebook account. Logout / Ubah )

Foto Google+

You are commenting using your Google+ account. Logout / Ubah )

Connecting to %s